Rabu, 27 Maret 2013

MENULIS LAPORAN KUNJUNGAN

LAPORAN KUNJUNGAN

I. Tahap-tahap Penulisan Laporan Kunjungan
  1. Membuat catatan awal    . 
  2. Membuat konsep laporan.
  3.  Perbaikan.
  4. Penulisan laporan..
II. Format Laporan Kunjungan

 JUDUL LAPORAN

A, PENDAHULUAN
    (Bagian ini  berisi  tentang ucapan syukur kepada berbagai pihak (Tuhan, Lembaga tempat yang     dikunjungi, Bapak/Ibu Guru, dll)  karena kunjungan dapat dilakukan dan laporan telah diselesaikan)

B. PELAKSANAAN KEGIATAN    
    (Bagian ini berisi tentang 1) tempat dan waktu kunjungan  2) hasil kunjungan)
 
C. KESIMPULAN DAN SARAN
     (Bagian ini berisi tentang kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan/kunjungan serta saran yang       diperlukan)
 
D. PENUTUP
     ( Bagian ini berisi tentang ucapan terima kasih kepada semua pihak karena telah membaca laporan dan    semoga  dapat bermanfaat bagi pembaca. 

III, CONTOH LAPORAN KUNJUNGAN

LAPORAN KUNJUNGAN KANTIN SEKOLAH

A. Pendahuluan
               Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,  atas berkat dan kasih-Nya, saya dapat melaksanakan kunjungan ke kantin sekolah. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapa/Ibu pengelola kantin sekolah yang telah memberi ijin dan informasi yang saya butuhkan untuk penulisan laporan ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru yang telah membimbing saya dalam melakukan kunjungan dan pembuatan laporan ini.

B. Pelaksanaan Kegiatan
    1.  Tempat dan Waktu Kunjungan
                      Kegiatan kunjungan ini dilakukan di  Kantin   pada hari Senin, 25 
           Maret 2013 pukul 10.00   hingga 12.00 WIB.   
2.   Hasil Kunjungan
                       Berdasarkan pengamatan, dapat saya laporkan perihal berikut:
          a. Keadaan Kantin
                        Pagi hari kantin terlihat bersih, namun saat istirahat sampah, 
              bungkus makanan atau minuman banyak terlihat di meja           ataupun lantai.  
          b. Pengunjung Kantin
                        Pengunjung kantin saat istirahat cukup banyak, bahkan mereka 
              berebut untuk antri membeli makanan/minuman.

C. Kesimpulan dan Saran
                Berdasarkan  hasil pengamatan kami maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
     1. Pada jam istirahat kantin  belum memadai dibandingkan dengan          jumlah siswa yang datang.
     2. Kebersihan kantin sudah terjaga dengan baik oleh petugas kebersihan,
           namun banyak  siswa belum memperhatikan kebersihan kantin,
               Oleh karena itu  saya menyarankan  perlu adanya penambahan lokasi kantin dan para siswa dihimbau untuk menjaga kebersihan di kantin tidak hanya mengandalkan petugas kebersihan.

D. Penutup
               Demikianlah laporan kunjungan ke kantin sekolah.  Semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak. Kritik dan saran  yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan. Atas tanggapan yang diberikan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

13 komentar:

  1. makasih ya bu...
    angelica beatriz

    BalasHapus
  2. bagus banget bu,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. terima kasih bu ini sangat membantu saya

    BalasHapus
  4. Bagus dan sangat bermanfaat walaupun sangat simpel.

    BalasHapus
  5. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN Terbaru

    BalasHapus
  6. saya tertolong, luar biasa hahahah (efek kerja laporan dadakan)

    BalasHapus
  7. Terima kasih ya bu
    Sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak buat anak saya nih yang mau bikin laporan contoh.
    Salam kenal ya dari blogger baru
    blog smallkey

    BalasHapus
  9. Terimakasih banyak saya terbantu

    BalasHapus